Saturday, March 19, 2011

Audi RS6 Patahkan Rekor

BOTHNIA — Teluk Bothnia di Oulu, Finlandia, yang beku pada musim dingin seperti saat ini dimanfaatkan para produsen mobil dan produsen ban untuk memecahkan rekor kecepatan sekaligus membuktikan kehebatan produk mereka. Bulan lalu, Bentley Continental GT Supersport berhasil melaju dengan kecepatan tertinggi 330,695 km per jam di atas trek sepanjang 14 km.


Bentley yang dibesut pengemudi asal Inggris itu menggunakan mesin berkapasitas 6,0 liter 12 silinder. Keberhasilan tersebut sekaligus mematahkan rekor sebelumnya, yaitu 321,6 km per jam, yang diukir mantan juara dunia reli empat kali, Juha Kankkunen. Saat itu, pebalap asal Finlandia tersebut juga membesut Bentley Continental pada 2007.


Dominasi Bentley tadi berhasil dilibas oleh Audi RS6 yang juga masih saudara dari Bentley karena sama-sama dari keluarga Volkswagen. Rekor kecepatan Bentley yang 330,695 km per jam mampu dipertajam menjadi 331,610 km per jam oleh Audi.


Audi RS6 tampil dengan sponsor produsen ban dari Finlandia, Nokian. Adapun Bentley pada bulan lalu didukung pabrikan ban Pirelli dengan produk SottoZero II. "Kami ingin mengambil rekor itu lantaran Bentley didukung kompetitor kami," ungkap juru bicara dari Nokian.


Nokian sendiri tidak menyebutkan jenis yang dipakai. "Pokoknya, kami ingin membuktikan ban musin dingin tercepat di dunia," tambah manajemen Nokian.

No comments:

Post a Comment