Saturday, March 19, 2011

Trik Atasi Lampu Kendaraan Redup

Lampu Kurang Terang sering di alami oleh generasi mobil lama, tetapi mobil2 baru sering juga mengalami kendala yang sama, yakni kurang terang, walau sering kali karena kebiasaan menggunakan mobil lama dengan daya overload sehingga merasakan lampu depan mobil baru kurang terang.


Beberapa hal yang sering banget menyebabkan lampu depan/halogen kurang terang antara lain:
  • Daya Lampu. Daya lampu halogen/lampu depan memiliki pengaruh besar pada hasil penerangan lampu, umumnya dengan daya besar menghasilkan penerangan yang lebih bagus dan jelas, tetapi pada mobil2 teknologi baru sudah menerapkan perbaikan reflektro sehingga dengan daya kecil mampu menigkatkan dan memfokuskan titik terang lampu depan.

  • Sistem Perkabelan. Sistem perkabelan yang terlalu panjang dan banyaknya sambungan juga berpengaruh besar terhadap redupnya lampu depan.

  • Masa/ Grounding. masa yang kendor juga bisa menurunkan kecerahan penerangan lampu, karena tegangan yang masuk ke lampu halogen kurang dari 12 Volt.

  • Sistem Pengisian. Sistem pengisian dengan manual regulator akan bikin lampu redup, terutama saat posisi mesin stationer. Sistem pengisian yang kurang pada RPM tinggi juga menyebabkan lampu kurang terang.

  • Reflektor Lampu Depan. Reflektor yang berkarat/ terkelupas alias tidak mulus lagi bikin titik fokus kurang maksimal, sehingga hasil penerangan juga berkurang.

  • Relay lampu. Karena sistem perkabelan yang terlalu panjang dan mengakibatkan hambatan kabel bertambah besar menyebabkan tegangan di lampu halogen berkurang dari 12volt, lebih bagus tambah relay untuk memaksimalkan tegangan lampu halogen.

No comments:

Post a Comment