Sunday, March 27, 2011

Trik Atasi Start Mobil yang Susah

Banyak hal yang sering menjadi masalah pada mobil yang masih menggunakan sistem karburasi, antara lain mesin susah hidup di saat pagi hari apalagi setelah beberapa hari tidak di pakai. Hal ini sudah tidak berlaku pada mesin injeksi, karena sistem injeksi serba otomatis serta sudah pintar membaca keadaan dan kondisi mesin. 


Untuk mesin karburasi yang mengalami susah start pada waktu pagi hari umumnya disebabkan antara lain: 
  1. Campuran bahan bakar (BBM) terlalu kurus. Untuk campuran BBM dalam karburasi yang terlalu kurus/ irit akan mengakibatkan mesin susah untuk di start pada saat pagi hari.(Setting ulang) 

  2. Tegangan ke plus coil drop. Pada saatproses starter, arus yang di butuhkan untuk memutar motor starter cukup besar (skitar 10 amper)sehingga mengakibatkan tegangan drop/turun, sedangkan untuk mobil yang koneksi/instalasi perkabelan yang kurang bagus akan mengakibatkan tegangan pada plus koil bertambah drop bisa mencapai 9 volt dan berimbas pada api sistem pengapian mengecil dan mesin susah hidup. 

  3. Switch kunci kontak rusak. Untuk mobil lama yang kontaktor sudah kurang bagus sering mengalami hal ini, yakni listrik terputus/hilang pada saat mesin di starter. (Ganti switch starter) 

  4. Aki lemah. Kondisi aki yang lemah dan sudah tidak mampu menyimpan listrik dalam waktu lama. (Cek aki dan ganti)

No comments:

Post a Comment